- Back to Home »
- artikel , Pengetahuan Umum , sharing komunitas »
- Soal dan Jawaban Manajemen Berbasis IDIK4012 pendidikan guru sekolah dasar UT
Posted by : Iga Daebak
Sunday, 26 April 2015
Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012
kode IDIK4012
No 1.
a. Salah, karena dalam pendidikan tidak ada fungsi
memasyarakatkan kemajuan bid. Teknologi
b. Salah, karena meningkatkan solideritas bangsa merupakan
bagian dari peradaban bangsa
c. Benar, sebab salah satu fungsi pendidikan adalah
mempertinggi peradaban bangsa
d. Salah, sebab menggali budaya bangsa bukan merupakan fungsi
pendidikan
No 2.
a. Salah sebab Kurikumum Berbasis Kompetensi adalah salah satu
model kurikulum bukan sebuah model pendidikan
b. Salah, sebab multiple intelegence yang mengatakan bahwa anak
memiliki 8 jenis intelegensi bukan merupakan model pendidikan
c. Benar, sebab MBS adalah sebuah model pengelolan pendidikan
yang mengakomodasi berbagai kepentingan masyarakat
d. Salah, sebab Ki Hajar Dewantoro adalah nama salah seorang
tokoh pendidikan Nasional
No 3.
a. Benar, MBS perlu diterapkan di sekolah karena dapat memberi
arah pada sekolah untuk mengoptimalkan keunggulan yang dimiliki lingkungan
sekolah
b. Salah, sebab Sistem Pelayanan Minimal tidak berhubungan
dengan penerapan MBS di sekolah
c. Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah
untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d. Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi
peningkatan dalam hal pengelolaan
No 4.
a. Salah, sebab bantuan dana ke sekolah tidak menjamin dapat
ditingkatkannya mutu
b. Salah, sebab latihan untuk para personal sekolah hanya salah
satu upaya, tidak menjamin adanya peningkatan mutu
c. Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah
untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d. Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi
peningkatan dalam hal pengelolaan
No 5.
a. Salah, sebab nilai kolektif kurang menumbuhkan semangat
untuk membuat kehidupan lebih bermakna
b. Benar, sebab nilai spiritual biasanya dapat menumbuhkan
semangat untuk hidup lebih bermakna
c. Salah, sebab nilai-nilai sosal budaya mengembangkan
kemampuan bersosialisasi anak
d. Salah, sebab nilai kebangsaan lebih berguna untuk
meningkatkan kesadaran siswa sebagai warganegara yang bertanggungjawab
No 6.
a. Salah, sebab fleksibilitas dalam hal pengelolaan bukan
merupkan tujuan MBS
b. Salah, sebab MBS perlu diterapkan bukan untuk merefvormasi
dunia pendidikan
c. Salah, sebab penerapan MBS memungkinkan keterlibatan banyak
pihak
d. Benar, sebab MBS diterpakan di sekolah-sekolah agar ada
efesiensi dalam hal pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan mutu
No 7.
a. Benar, karena menurut UU Sisdiknas tanggungjawab pelaksanaan
ulangan umum ada pada kepala sekolah
b. Salah, sebab menurut UU Sisdiknas guru tidak
bertanggungjawab dalam pelakasanaan ulangan umum di sekolah
c. Salah, sebab tidak ada ketentuan bahwa yayasan
bertanggungjawab melaksanakan ulangan umumdi sekolah
d. Salah, sebab pemerintah tidak bertanggungjawab dalam
pelaksanaan ulangan umum disekolah
No 8.
a. Salah sebab kalimat ini belum lengkap
b. Salah sebab dalam redaksinya belum ada prinsip tidak
diskriminatif
c. Salah, sebab redaksinya belum memuat prinsip menjunjung
tinggi hak azasi manusia, nilai agama dan kutur
d. Benar, sebab redaksinya sesuai dengan rumusan yang ada dalam
pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003
No 9.
a. Salah, sebab pengurangan kekuasan dan wewenang pemerintah
pusat merupakan salah satu factor yang yang mendorong timbulnya desentralisasi
b. Benar , sebab selama ini daerah sudah ikut menikmati hasil
pembangunan
c. Salah, sebab aspirasi daerah yang beragam merupakan salah
satu faktor yang mendorong hadirnya desentalisasi
d. Salah, sebab kemandirian daerah merupakan salah satu faktor
yang mendorong timbulnya desentralisasi
No 10.
a. Salah, penyelenggaraan pemerintah daerah
b. Salah, sebab UU no. 22 thn 1999 tidak membahas mengenai
kewenangan pemerintah
c. Salah sebab UU no.22 thn 1999 tidak membahas tentang
pertimbangan keuangan pusat dan daerah
d. Benar, sebab UU no. 22 thn 1999 membahas tentang pemerintah
daerah
No 11.
a. Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak
diambil oleh bawahan
b. Benar, pada umumnya dalam pemerintahan sentralisasi
keputusan diambil oleh atasan dalam suatu organisasi
c. Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak
diambil oleh individu-individu dalam organisasi
d. Salah, sebab dalam sentralisasi keputusan tidak mungkin
diambil oleh unit-unit yang ada dalam organisasi
No 12.
a. Salah, sebab menurut Robbin makna sentralisasi menjadi kabur
bukan karena adanya keputusan yang diambil oleh individu yang punya pengaruh
b. Salah, sebab makna sentalisasi kabur bukan karena adanya
pengambilan keputusan pada level bawah tapi diikat oleh kebijakan dari atas
c. Benar, makna sentralisasi menjadi kabur karena pembuat
keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi
d. makna sentralisasi menjadi kabur bukan karena adanya
kebijakan yang menggugurkan desentralisasi
No 13.
a. Benar , sebab dalam desentralisasi vertikal pendelegasian
keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah
b. Salah sebab dalam desentalisasi vertical mengambil keputusan
kebawah tidak mengikuti matarantai kewenangan dari puncak kebawah
c. Salah, sebab dalam desentralisasi vertical peran individu
tidak mempengaruhi pengambilan keputusan walau mereka pejabat
d. Salah, sebab dalam desentralisasi verikal pengambilan
keputusan tidak bersifat non-formal seperti jalur birokrasi
No 14.
a. Salah, sebab pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan
yang akan dilakukan bukan langkah pertama proses pengambilan keputusan yang
rutin
b. Benar, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan
rutin adalah mengumpulkan informasi yang akan dikerjakan
c. Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan
rutin bukan melakukan eksekusi
d. Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan
rutin bukan menentukan pilihan kegiatan yang akan dilakukan
No 15.
a. Salah, sebab delegasi adalah penyerahan tanggungjawab
pengelolaan untuk fungsi khusus tertentu
b. Salah, sebab devolusi adalah mewujudkan unit mandiri dibawah
struktur organisasi pusat
c. Salah, sebab privatisasi merupakan penyerahan kewenangan dan
tanggungjawab secara penuh yang biasa dilakukan swasta
d. Benar, sebab dekonsentrasi adalah penyerahan wewenang
administrasi dari kementrian ke tingkat di bawahnya sesuai kondisi
No 16.
a. Salah, sebab UU No, 14 tentang Sertifikasi Guru bukan
kebijakan pemerintah yang bersifat sementara
b. Benar, sebab PP.tentang Sertifikasi guru merupakan kebijakan
pemerintah yang bersifat sentralistik
c. Salah, disentralistik
d. Salah, sebab PP No.tentang Sertifikkasi Guru bukan merupakan
kebijakan pemerintah yang bersifat dekonsentrasi
No 17.
a. Salah, untuk memenuhi kebutuhan aspirasi masyarakaat yang
diperlukan bukan pemerintahan sentralistik tapi desentralistik
b. Benar, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu
pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang desentralistik
c. Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu
pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan desentralistik bukan dekonsentrasi
d. Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang cepat
tidak dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang demokrasi saja
No 18.
a. Salah, sebab UU No.
22 thn 1999 tentang pemerintah daerah berisi perubahan formal penyelenggaraan
pemerintahan yang sentralis ke desentalistik
b. Salah sebab UU No. 25 thn 1999 tentang perimbahangan
keuangan pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung penyelenggaraan
pemerintahan desentalistik
c. Salah, sebab PP No. 25 thn 2000 tentang kewenangan
pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang desentalistik
d. Benar, sebab UU. No. 25 tentang Program Pembangunan
Nasional, bukan membahas program yang mendukung pemerintahan yang desentalistik
No 19.
a. Salah. Sebab peningkatkan pengelolaan pendidikan tidak dapat
diwujudkan dengan hanya dibentuknya organisasi sekolah disetiap kabupaten
b. Salah, sebab upaya peningkatan pengelolaan pendidikan tidak
dapat dicapai dengan meningkatkan angka partisipasi siswa dalam pendidikan
c. Benar, sebab MBS merupkan salah satu model pengelolaan
pendidikan yang cocok dengan kondisi pembangunan pendidikan di Indonesia
d. Salah, sebab peningkatan pengelolaan pendidikan tidak
mungkin dicapai dengan melakukan pengurangan angka buta aksara
No 20.
a. Salah, sebab Standar Pelayanan Minimum bukanlah sebagai
standaar menyelenggarakan MBS
b. Salah, sebab patokan penyelenggaraan pendidikan di SD dan
SMP dijelaskan dalam UU Sisdiknas 2003
c. Salah, sebab standar kompetensi lulusan SD/SMP tidak ada
dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM)
d. Benar, sebab Standar Pelayanan Minimum adalah patokan
pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kabupaten dan dalam
menyelenggarakan pendidikan dasar/menengah
No 21.
a. Salah, sebab persyaratan siswa merupakan salah satu faktor
anak didik yang diperhatian dlam SMP tingkat
b. Salah, sebab pakaian siswa merupakan salah satu factor yang
diperhatikan dalam SPM tingkat SMP
c. Benar, sebab masalah biaya sekolah siswa tidak tercantum
dalam SPM tingkat SMPC.
d. Salah, sebab menurut SPM di tingkat SMP, unit kegiatan siswa
merupakan factor anak didik harus diperhatian
No 22.
a. Benar, sebab yang menjadi factor penghambat dalam
pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah untuk
melaksanakan MBS
b. Salah, sebab tingginya dana pengelolaan tergantung dari
masing-masing sekolah sehingga tidak menjadi factor penghambat dalam
melaksanakan MBS
c. Salah, sebab pelaksanaan MBS di sekolah-sekolah tidak
tergantung pada kesiapan pemerintah pusat
d. Salah , sebab pelaksanaan MBS merupakan kebutuhan
masing-masing sekolah sehingga ada anggapan bahwa MBS tidak sesuai dengan
system persekolahan, bukan merupakan masalah
No 23.
a. Salah, sebab training kemampuan professional tenaga
pendidikan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan / kemandirian personil
sekolah
b. Salah, sebab traning kelompok kerja pengembangan dan
pendampingan MBS memberi kemampuan agar peserta dapat menjadi pendamping bagi
sekolah yang akan merintis MBS
c. Benar, sebab untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil
keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop manajemen MBS
d. Salah sebab workshop tentang standar pendidikan nasional
adalah untuk memberi pemahaman para peserta agar memiliki pemahaman tentang SPN
No 24.
a. Benar, sebab Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU No. 20 thn 2003,
berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan
anggaran pendidikan
b. Salah, sebab pasal 47 ayat 1 dan 2 membahas tentang sumber
pendanaan pendidikan
c. Salah, sebab pasal 48 ayat 1 berbunyi bahwa pengelolaan dana
pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efesiensi, transparasi dan
akuntabilitas public
d. Salah, sebab pasal 49 ayat 1,2,3 dan 4 menyatakan dana
pendidikan dialokasikan 20% dari APBN dan minimal 20% dari APBD
No 25.
a. Salah, sebab pemberian bantuan biaya pendidikan berdasarkan
kondisi sosial ekonomi siswa tidak dijelaskan dalam prinsip kecukupan
b. Benar, sebab prinsip kecukupan dalam memberikan layanan
pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya peranak sesuai
tingkat tingkat sekolah
c. Salah, sebab menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah
dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah tidak termasuk dalam prinsip
kecukupan
d. Salah, sebab prinsip kecukupan tidak dihitung dari biaya
minimal
No 26.
a. Benar, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan kondisi tersebut perlu
dilakukan pengawasan
b. Salah, sebab bila profesionalisme guru dan tenaga pendidikan
sudah efektif tidak perlu lagi dibuka lembaga pelatihan guru dan tenaga
pendidikan
c. Salah, sebab peraturan kebijakan penagadaan sarana dan
prasarana tidak ada kaitannya dengan efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan
d. Salah, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan sudah baik perlu dilakukan monitoring dan evaluasi namun
bukan mengenai MBS
No 27.
a. Benar, sebab definisi MBS tersebut menurut pendapat
Mellen,Ogawa dan Kranz
b. Salah sebab menurut Neal, MBS adalah sekolah yang
berdasarkan penelitian, komitmen dan struktur tertentu dan pengoperasian
sekolah menggunakan metode desentralistik
c. Salah, sebab menurut MBS adalaha satu bentuk organisasi
manajemen sekolah dan pembuat keputusan harian dibuat oleh unit yang ada dalam
system tersebut
d. Salah, sebab menurut depdiknas MBS adalaha bentuk otonomi
manajemen pendidikan pada satuan pendidikan meliputi kepala sekolah dibantu
oleh komite sekolah dan guru
No 28.
a. Salah, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen
stekholder artinya sekolah tidak bertanggungjawab secara administrative
b. Benar, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen
stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada berbagai pihak internal
dan external
c. Salah, sebab dewan pendidikan dan komite sekolah tidak
bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
d. Salah, sebab sekolah bukan satu-satunya yang bertanggungjawab
atas peningkatan mutu sekolah
No 29.
a. Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan
adalah tenaga pendidikan
b. Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung mempengaruhi
proses mutu pendidikan
c. Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung mempengaruhi
mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d. Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses mutu
pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran
No 30.
a. Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai
suatu yang ideal
b. Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan
dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c. Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut
stakeholder
d. Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen
dianggap sebagai penentu akhir
No 31.
a. Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai
suatu yang ideal
b. Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan
dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c. Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut
stakeholder
d. Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen
dianggap sebagai penentu akhir
No 32.
a. Salah sebab fungsi sosial sekolah artinya sekolah sebagai
tempat mengembangkan pribadi dan hubungan sosial siswa dengan orang lain
b. Salah sebab fungsi spiritual artinya sekolah harus memberi
kontribusi bagi kehidupan pribadi dan masyarakat agar hidup lebih bermakna dng
pencipta-Nya
c. Benar sebab fungsi sosial membantu individu agar memiliki
pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupannya
d. Salah sebab fungsi politik artinya sekolah memberi
kontribusi kepada pengembangan politik dan sikap kewarganegaraan yang baik bagi
warganya
No 33.
a. Salah sebab artinya sekolah tersebut baik karena menggunakan
pendekatan berdasarkan tujuan
b. Benar, sebab sekolah yang berhasil karena mendapat dukungan
sekelompok orang artinya telah menggunakan pendekatan konstituen strategi
c. Salah, sebab sekolah yang menggunakan pendekatan system
artinya seluruh komponen dalam sekolah tersebut memberikan kontribusinya
d. Salah, sebab sekolah yang menggunakan kriteri persaingan
nilai, menggunakan ktiteri nilai untuk menilai efektifitas sekolah dari segi
kepentingan personal sekolah
No 34.
a. Salah sebab pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan
diambil secara kolektif antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah
b. Benar, sebab keputusan diambil secara kolektif antara kepala
sekolah dan guru merupakan pokok pikiran utama model pengelolaan sekolah
c. Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah
sesuai perencanaan masing-masing sekolah
d. Salah, sebab batasan dalam pelaksanaan MBS dibuat oleh
kepala sekolah, guru dan komite sekolah
No 35.
a. Salah, sebab ketenagaan merupakan bidang substansi yang
dikelola sekolah
b. Benar, sebab perencanaan merupakan salah satu fungsi MBS
c. Salah, sebab keuangan merupakan salah satu substansi yang
dikelola sekolah
d. Salah sebab pengembangan tidak termasuk substansi yang
dikelola sekolah
No 36.
a. Benar, sebab UUD Tahun 1945 tidak menjadi landasan hukum
pendirian MBS
b. Salah, sebab UU no.19 thn 2005 bukan landasan pendirian MBS
c. Salah, sebab UU. No 22 thn 1999 tentang Pemerintah daerah
bukan sebagai landasan pendirian MBS
d. Salah,sebab UU no.20 thn 2003 tentang Sistem Pend Nasional
merupakan landasan hukum pendirian MBS
No 37.
a. Benar sebab dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk
menggunakan pendekatan pembelajaran kontektual
b. Salah sebab dalam MBS yang ditekankan bukan pendekatan CBSA
c. Salah sebab pendekatan individual tidak ditekankan dalam
pembelajaran dengan konteks MBS
d. Salah sebab dalam kontek MBS tidak anjurkan pendekatan
pembelajaran interaktif
No 29.
a. Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan
adalah tenaga pendidikan
b. Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung mempengaruhi
proses mutu pendidikan
c. Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung mempengaruhi
mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d. Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses mutu
pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran
No 39.
a. Salah sebab kurikulum sekolah dikembangkan oleh pemerintah
b. Salah sebab mengelola pendidikan merupakan tanggungjawab
kepala sekolah , guru dan komite sekolah
c. Benar sebab menurut UU No. 2 thn 1989 masyarakat bertanggungjawab
dalam biaya penyelenggaraan pendidikan
d. Salah sebab keberhasilan proses pendidikan merupakan
tanggungjawab guru
No 40.
a. Salah sebab salah satu peran dewan pendidikan adalah memberi
pertimbangan dalam menentukan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
b. Salah, sebab salah satu peran dewan pend dan komite sekolah
adalah mendukung financial, pemikiran dan tenaga dlm penyelenggaraan pendidikan
c. Salah, dewan pendidikan dan komite sekolah sebagai mediator
antara pemerintah dan DPRD dan masyarakat
d. Benar, sebab dewan dan komite sekolah tidak mengontrol
pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mencapai sekolah efektif
No 41.
a. Salah sebab biasanya tukar pendapat antara kepala sekolah
dan stafnya dilakukan bukan dalam rangka membuat perencanaan
b. Salah sebab selama pelaksanaan pendidikan biasanya kepala
sekolah tidak membahas masalah2 yang dihadapi dengan stafnya
c. Salah, sebab masalah peningkatan mutu sekolah tidak dibahas
kepala sekolah dengan stafnya ketika merumuskan visi dan misi sekolah
d. Benar biasanya dalam rangka evaluasi diri, kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang
dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu
No 42.
a. Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk mengetahui
sejumlah sekolah yang menerapkan MBS
b. Benar, sebab biasanya evaluasi diri dilakukan untuk
mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi
c. Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk meningkatkan
kualitas sekolah diberbagai komponen
d. Salah sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk menentukan
status sekolah diantara sekolah lain
No 43.
a. Salah, kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah
bermutu ditdak disebut misi
b. Benar, misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan
untuk mencapai visi
c. Salah sebab langkah2 kegiatan untuk mencapai visi tidak
disebut misi
d. Salah, program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan
sekolah tercapai bukan misi
No 44.
a. Salah, sebab pendidikan berbasis kecerdasan jamak tidak
menjamin menghasilkan siswa yang unggul, bila siswa tidak diberi kesempatan
untuk berlatih
b. Salah, sebab dengan banyak mengirim siswa ke berbagai
kompetisi disekolah tidak menjamin menghasilkan siswa-siswa yang unggul
c. Salah, sebab apa yang dimaksud kegiatan unggulan masih belum
jelas, sehingga belum tentu menghasilkan siswa yang unggul
d. Benar, sebab bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai
kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah
dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa
No 45.
a. Salah, untuk membuat rencana tahunan sekolah harus
mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
b. Salah, ketika membuat rencana tahaunan sekolah harus
menyusun draf rencana tahunan bersama semua staf
c. Benar, ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu
mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil
d. Salah, sebab rencana tahunan disusun dengan mempertimbangkan
konteks ;ingkungan dan aspirasi masyarakat
No 46.
a. Salah, sebab dengan menerapkan program unggulan tidak
menjamin menjadi sekolah efektif
b. Benar, dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya
sekolah yang efektif
c. Salah, dengan menerapkan program lifeskill belum tentu
terwujud sekolah efektif
d. Salah, dengan menerapkan KBK tidak dapat dijamin menjadi
sekolah efektif
No 47.
a. Benar, sebab salah satu fungsi kepala sekolah sebagai
pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya
agar bekerja dng baik
b. Salah, sebab sebagai manager kepala sekolah tdk memberi
arahan dan memotivasi bawahannya dalam mengerjakan tugas sehari-hari
c. Salah, sebab sebagai organisator kepala sekolah membagikan
tugas dan wewenang kepada semua bawahan
d. Salah sebab sebagai perencana salah satunya kepala sekolah
merumuskaan cara-cara mencapai hasil yang telah ditetapkan
No 48.
a. Salah, sebab sebagai guru kelas salah satunya perlu juga
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan
kebutuhan
b. Benar, sebab sebagai staf sekolah guru tidak harus
menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi
sekolah dapat tercapai
c. Salah ,sebab sebagai manager,guru juga harus mengelola
proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa
d. Salah, sebab guru sebagai seorang professional harus juga
dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan
siswa
No 49.
a. Benar, persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana
hibah bersaing atau block grant
b. Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada
sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
c. setiap guru harus membuat rencana pembelajaran sesuai
kondisi siswa dan sekolah
d. Salah, sebab memberi bantuan pada siswa yang tidak mampu
sudah merupakan tanggung jawab sekolah atau pemerintah, ada MBs ataupun Tidak
No 50.
a. Salah, sebab proyek yang dirintis pemerintah ketika ada
krisis thn 97-98 adalah bukan program wajib belajar 9 thn
b. Salah, sebab program kecakapan hidup bukan proyek yang
dirintis pemerintah ketika terjadi krisis thn 97-98
c. Benar, yang dirintis pemerintah untuk mempertahankan
kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan
pengaman social
d. Salah, KBK bukan program untuk mempertahankan kualitas SD