Favorit Iga Daebak

Posted by : Iga Daebak Thursday 23 April 2015



HALOOO....HALOOO.... PADA KESEMPATAN ADMIN IGALEZAT MAU KASIH SEDIKIT KASIH ARTIKEL BEDASARKAN SUMBER-SUMBER YANG TELAH DI BACA... INI DI KUTIP DARI TUGAS AKHIR MIMIN :b SEMOGA BERMANFAAT, BUAT YANG ADA TUGAS ATAU BUAT REFERENSI


Knowledge Management

         Knowledge Management (KM), atau manajemen pengetahuan, adalah metode yang dilakukan dalam upaya mengelola pengetahuan yang ada, agar tidak hilang dan dapat dipergunakan kembali sesuai kebutuhan untuk sesuatu yang lebih baik, diantaranya mencakup menghindari kesalahan yang sama yang pernah terjadi, mempercepat pengambilan keputusan maupun penyelesaian berbagai hal[3].

          Selain itu knowledge juga menjadikumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat didalam proses dan aplikasinyata suatu organisasi. Fokus dari manajemen pengetahuan adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadipengetahuan.

          Nonaka dan Takeuchi mengembangkan sebuah model knowledge management yang populer disebut Knowledge Spiral Model. Model ini menjelaskan dan mengambarkan bagaimana Tacit Knowledge berarti ilmu pengetahuan atau pengalaman yang didapatkan seseorang melalui kegiatan yang dilakukan sehari-hari didalam melakukan suatu bidang pekerjaan. dan  Explicit Knowledge adalah lebih kepada bagaimana ilmu pengetahuan tersebut didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat tersimpan dengan sempurna dan tidak hilang begitu saja, serta menjadidari satu bentuk ke bentuk lainnya sebagai bagian dari Transfer Knowledge.

       Kedua jenis pengetahuan tersebut, dapat dikonversi melalui empat proses konversi, yaitu Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi dan Internalisasi. Keempat jenis proses konversi ini disebut SECI Process (S: Socialization, E: Externalization, C: Combination, I: Internalization)[3]



                                                                            Model Seci

 1. Sosialisasi

    Berbagi pengetahuan tacit melalui komunikasi tatap muka atau berbagi pengalaman. 

2. Eksternalisasi

    Mencoba untuk mengubah pengetahuan tacit ke pengetahuan eksplisit dengan mengembangkan konsep dan model. Dalam fase pengetahuan, tacit dikonversi untuk membentuk dimengerti dan diinterpretasi, sehingga dapat juga digunakan oleh orang lain. Externalized dan pengetahuan teoritis adalah dasar untuk menciptakan pengetahuan baru.

3.  Kombinasi

     Kombinasi externalized pengetahuan eksplisit untuk entitas yang lebih luas dan sistem konsep. Ketika pengetahuan dalam bentuk eksplisit itu dapat dikombinasikan dengan pengetahuan yang telah diajukan sebelumnya. Pada tahap ini pengetahuan juga dianalisis dan terorganisir. 

4. Internalisasi

    Internalisasi berarti memahami pengetahuan eksplisit. Hal ini terjadiketika pengetahuan eksplisit mengubah untuk diam-diam dan menjadibagian dari informasi dasar individu. Siklus terus sekarang dalam spiral pengetahuan kembali ke sosialisasi ketika saham individu pengetahuan tacit-nya diam-diam. Ini adalah bagaimana jumlah pengetahuan tumbuh dan konsep-konsep Sebelumnya dapat berubah.

 

BACA JUGA  >>>> K

 

Terima Kasih atas Kunjungannya

Semoga Bermanfaat ^_^ 

KEEP SUPPORT US... untuk pertanyaan dan komen silakan isi pada kolom di bawah

IGA DAEBAK THIS IS DAEBAK!!!

pls give us feedback dengan like atau komen terima kasih ^_^

enjoyy!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iga Daebak Blog ! - Blogger -