- Back to Home »
- artikel , Pengetahuan Umum , sharing komunitas »
- Soal dan Jawaban MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH IDIK 4012 pendidikan guru sekolah dasar UT
Posted by : Iga Daebak
Sunday, 26 April 2015
HALOO PA KABAR SEMUA? SEMOGA BAIK YAH... SEKARANG ADMIN IGA LEZAT MAU MENSHARING SOAL DAN JAWABAN UNTUK pendidikan guru sekolah dasar UT INI DI AMBIL DARI SOAL UJIAN ONLINE TERDAHULU, MUDAH-MUDAH BISA JADI PATOKAN DAN LATIHAN UNTUK MENGHADAPI UJIAN NYA :D SEMANGAT PARA CALON GURU!!
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
(KODE MATA KULIAH – IDIK 4012)
Penting!
Kerjakanlah soal ujian ini dengan
jujur, jika terbukti melakukan kecurangan/contek-mencontek selama ujian, Anda
akan dikenai sanksi akademis berupa pengurangan nilai atau tidak diluluskan
(diberi nilai E).
Apabila terbukti menggunakan JOKI
pada saat ujian, semua mata kuliah yang ditempuh akan diberi nilai E.
NAMA M.K. : MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
KODE M.K. : IDIK 4012
KODE NASKAH : 01
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
KODE M.K. : IDIK 4012
KODE NASKAH : 01
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
No 1.
Peningkatan ilmu dan teknologi dapat
dilakukan melalui pengembangan berbagai program pendidikan, hal ini sesuai
dengan
A.
memasyarakatkan kemajuan bidang
teknologi
B.
meningkatkan solideritas bangsa
C.
mempertinggi peradaban manusia
D.
menggali budaya bangsa
No 2.
Salah satu Model Pendidikan yang
dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan aspirasi masyarakat adalah
model...
A.
Kurikulum Berbasis Kompetensi
B.
Multiple Inteligence
C.
Manajemen Berbasis Sekolah
D.
Ki Hajar Dewantoro
No 3.
Manajemen Berbasis Sekolah perlu
diterapkan di sekolah karena...
A.
memberi arahan pada sekolah untuk
mengembangkan keunggulannya
B.
mempunyai standar kompetensi guru
yang lebih jelas
C.
memerlukan standar pelayanan minimal
D.
menjadi model pendidikan yang mudah
diterapkan
No 4.
Upaya peningkatkan mutu dan
relevansi pendidikan di Indonesia masih sulit dilakukan, salah satunya karena
faktor input sekolah-sekolah masih rendah. Untuk kewujudkan sekolah efektif
masalah tersebut dapat diatasi dengan ...
A.
memberi bantuan dana secukupnya
kesekolah-sekolah
B.
memberikan training/pelatihan kepada
personal sekolah
C.
membuat Standar Pelayanan Minimal
D.
melengkapi sarana dan prasarana
sekolah
No 5.
Nilai yang perlu diberikan agar
kehidupan individu menjadi lebih bermakna adalah pendidikan nilai ...
A.
kolektif
B.
spiritual
C.
sosial budaya
D.
kebangsaan
No 6.
Menurut para birokrat salah satu
alasan mengapa Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di Indonesia
adalah....
A.
untuk meningkatkan fleksibilitas
dalam hal pengelolaan
B.
perlunya reformasi dalam dunia
pendidikan di Indonesia
C.
adanya pengelolaan melalui satu
pintu yaitu sekolah
D.
efesiensi manajemen pendidikan dan
upaya peningkatan mutu
No 7.
Pelaksanaan Ulangan Umum dan Ujian
Nasional di suatu sekolah baik Negeri maupun swasta merupakan tanggungjawab
dari .....
A.
A.Kepala sekolah
B.
Guru
C.
Yayasan
D.
Pemerintah
No 8.
Prinsip penyelenggaraan dan
pengelolaan pendidikan menurut pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003 secara lengkap
berbunyi ...
A.
Berkeadilan,menjaga hak azasi
manusia, nilai agama, menjaga kemajemukan bangsa dan tidak bersikap
B.
Berkeadilan, menjaga hak azasi
manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa
C.
Demokrasi, berkeadilan, menjaga
kemajemukan bangsa, tidak diskriminatif dan memberi kesempatan yang sama bagi
warga negara
D.
Demokrasi berkeadilan serta tidak
diskriminatif dengan menjujung hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan
kemajemukan bangsa
No 9.
Ada beberapa faktor yang melandasi
timbulnya gerakan desentralisasi di Indonesia, kecuali ......
A.
Untuk mengurangi kekuasaan dan
kewenangan pemerintah pusat
B.
Hasil pembangunan kurang dinikmati
daerah
C.
Aspirasi daerah beragam kurang
terakomodasi
D.
Kemandirian daerah kurang berkembang
dan aspek budaya kurang direspon pemerintah
No 10.
Salah satu dasar hukum dibentuknya
desentralisasi adalah UU no. 22 thn 1999, yang membahas tentang...
A.
amanat penyelenggaraan pemerintah
daerah
B.
kewenangan pemerintah
C.
pertimbangan keuangan antar pusat
dan daerah
D.
pemerintah daerah
No 11.
Pada pemerintahan sentralisasi
umumnya pengambilan keputusan terkonsentrasi pada tingkat ....
A.
bawahan dalam suatu organisasi
B.
atasan dalam suatu organisasi
C.
diantara individu yang ada dalam
organisasi
D.
unit yang ada dalam suatu organisasi
No 12.
Menurut Robbin salah satu faktor
yang membuat makna sentralisasi menjadi kabur adalah ....
A.
Keputusan pemerintah sangat
bergantung pada individu yang punya pengaruh
B.
Pengambilan keputusan pada level
bawah namun diikat pengaruh kebijakan atasan
C.
Pembuat keputusan adalah pejabat
tinggi dalam organisasi
D.
Adanya kebijakan yang menggugurkan
desentralisasi
No 13.
Yang membedakan desentralisasi
vertikal dan horizontal adalah cara pengambilan keputusan dimana dalam
desentralisasi vertikal...
A.
pendelegasian pengambilan keputusan
dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah
B.
pendelegasian kekuasaan untuk
pengambilan keputusan ke bawah mengikuti matarantai kewenangan dari puncak ke
bawah
C.
peran individu sangat mempengaruhi
pengambilan keputusan walaupun mereka bukan pejabat struktural
D.
pengambilan keputusan bersifat
nonformal sesuai dengan jalur birokrasi
No 14.
Pernyataan berikut ini merupakan
langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan yang bersifat rutin, yaitu
...
A.
Pemberian kewenangan berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan
B.
Pengumpulan informasi tentang apa
yang akan dikerjakan untuk diteruskan pada pengambil keputusan
C.
Melakukan proses eksekusi atau
pelaksanaan
D.
Penentuan pilihan mengenai kegiatan
yang akan dilakukan
No 15.
Penyerahan sejumlah kewenangan
administrasi dari suatu kementrian ke tingkat dibawahnya sehingga beban kerja
pejabat pusat pindah ke daerah dan dilaksanakan sesuai kondisi, disebut ...
A.
delegasi
B.
devolusi
C.
privatisasi
D.
dekonsentrasi
No 16.
Peraturan pemerintah No. 18 Tahun
2007 tentaqng Proram Sertifikasi guru merupakan salah satu kebijakan pemerintah
yang bersifat ....
A.
sementara
B.
sentralistik
C.
disentralistik
A.
D.dekonsentrasi
No 17.
Adanya tuntutan untuk memenuhi
kebutuhan dan apirasi masyarakat yg begitu pesat dan cepat merupakan salah satu
alasan perlunya pemerintah yang ...
A.
sentralistik
B.
desentralistik
C.
otonomi
D.
demokrasi
No 18.
Bentuk formal perubahan
penyelenggaraan pemerintah yang sentralistik ke desentralistik ditandai dengan
ditetapkannya,kecuali ...
A.
A.terwujudnya organisasi sekolah di
setiap kabupaten
B.
UU, no, 25 1999 tentang perimbangan
keuangan antara pemerintah pusat dan daerah
C.
Peraturan pemerintah No. 25 thn 2000
tentang kewenangan Pemerintah
D.
UU. No. 25 tentang Program
Pembangunan Nasional
No 19.
Kebijakan pembangunan pendidikan yg
berhubungan dng upaya peningkatan pengelolaan pendidikan dapat dicapai dengan
...
A.
terwujudnya organisasi sekolah di
setiap kabupaten
B.
meningkatkan angka partisipasi siswa
dlm pendidikan
C.
diterapkannya manajemen berbasis
sekolah/masyarakat
D.
mengurangi jumlah buta aksara
No 20.
Tujuan dibuatnya standar pelayanan
minimal persekolahan adalah...
A.
sebagai standar pelayanan minimal
dalam menyelenggarakn Manajemen Berbasis Sekolah
B .patokan
penyelenggaraan pendidikan di tingkat dasar dan menengah agar dapat mencapai
kompetensi yg
sama
C.
standar kompetensi yang harus
dimiliki dan dikuasai oleh lulusan pendidikan tingkat dasar dan menengah
D.
patokan pelayanan minimal yang wajib
dilakukan oleh kebupaten dan kota dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dan
menengah
No 21.
Menurut standar Pelayanan Minimal di
tingkat sekolah menengah pertama, faktor yang harus diperhatikan dalam hal anak
didik
adalah kecuali...
A.
persyaratan sebagai siswa
B.
pakain siswa
C.
biaya sekolah siswa
D.
unit kegiatan siswa
No 22.
Hambatan yang sangat dirasakan
sekolah dalam melaksanakan dan menerapkan MBS adalah...
A.
belum adanya kesiapan personal
sekolah dalam melaksanakan MBS
B.
tingginya dana yang dibutuhkan
sekolah untuk pengelolaan MBS
C.
belum ada kesiapan pemerintah pusat
untuk melaksanakan MBS
D.
MBS dianggap tidak sesuai dengan
sistem persekolahan di Indonesia
No 23.
Pelatihan yang harus diikuti kepala
sekolah untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan adalah....
A.
training kemampuan profesional
tenaga pendidikan
B.
training kelompok kerja pengembangan
dan pendampingan MBS
C.
workshop manajemen MBS
D.
workshop tentang standar pendidikan
Nasional
No 24.
Dalam UU No. 20 Thn 2003 tentang
standar Pendidikan Nasaional dikatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah
bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal
31 ayat 4 UUD 45 dibahas pada pasal ....
A.
46 ayat 1 dan 2
B.
47 ayat 1 dan 2
C.
48 ayat 1
D.
49 ayat 1,2,3 dan 4
No 25.
Pendanaan Pendidikan berbasis
sekolah menuntut setiap sekolah utk memberikan layanan pendidikan pada siswa
berdasarkan prinsip kecukupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara...
A.
memberi bantuan biaya pendidikan
berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa
B.
menghitung satuan biaya peranak
untuk setiap bentuk satuan pendidikan
C.
menghitung penerimaan sekolah dari
pemerintah kemudian dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah
D.
biaya minimal ditetapkan berdasarkan
syarat pendirian sekolah dan tuntutan kurikulum
No 26.
Pelaksanaan MBS khususnya yang
berhubungan dengan efektifitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan,
telah berjalan dengan lancar dan baik. Sehubungan dengan hal tersebut maka yang
harus direorientasi oleh pemerintah adalah mengenai..
A.
pengawasan
B.
lembaga pelatihan guru dan tenaga
kependidikan
C.
peraturan kebijakan pengadaan sarana
dan prasarana
D.
monitoring dan evaluasi MBS
No 27.
MBS adalah salah satu bentuk otonomi
pendidikan pada satuan pendidikan dimana kepala sekolah dan guru dibantu komite
sekolah dlm mengelola pendidikan. Definisi ini merupakan pendapat yang
disampaikan oleh ....
A.
Mellen,Ogawa dan Kranz
B.
Neal
C.
Taylor
D.
Depdiknas
No 28.
Salah satu tujuan MBS berupa
peningkatan akuntabilitas sekolah dan komitmen semua berarti bahwa ...
A.
sekolah bertanggungjawab atas semua
yang dilakukan secara adminitrasi
A.
B.sekolah bertanggungjawab terhadap
teknis edukatif tentang program....
B.
dewan pendidikan dan komite sekolah
bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
C.
sekolah bertanggungjawab ata
peningkatan mutu dan relevansi mutu sekolah ..
No 29.
Input dan proses pendidikan
merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan menentukan output pendidikan.
Salah satu input pendidikan yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
A.
tenaga pengajar
B.
biaya pendidikan
C.
kurikulum
D.
teknologi
No 30.
Bila mutu suatu lembaga pendidikan
ditentukan berdasarkan keinginan/kebutuhan dan syarat-syarat yang dikehendaki
oleh pelanggan, artinya sekolah tersebut menganut konsep mutu ...
A.
Absolut
B.
Relatif
C.
Stakeholder
D.
Konsumen Absolut
No 31.
Al Azhar termasuk sekolah favorit
yang banyak diminati terutama oleh masyarakat golongan menengah keatas, namun
saat ini sudah
banyak bermunculan sekolah yang
setingkat dan mutunya pun lebih baik. Pengertian mutu disini disebut ...
A.
TQM
B.
Mutu menurut konsumen
C.
Relatif
D.
Absolut
No 32.
Bila kurikulum suatu sekolah
dikembangkan untuk membantu siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan
yang berguna bagi kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi
...
A.
sosial
B.
spiritual
C.
ekonomi
D.
politik
No 33.
Bila suatu sekolah menjadi berhasil
karena mendapat banyak dukungan dari sekelompok orang atau anggota kelompok,
sekolah tersebut dikatakan telah menggunakan pendekatan ...
A.
Goal-attainment approach
B.
Konstituen strategi
C.
Sistem
D.
Persaingan nilai
No 34.
Manajemen Berbasis Sekolah adalah
model pengelolaan sekolah yang memiliki pokok-pokok pikiran utama, salah
satunya adalah ...
A.
pengambilan keputusan dalam hal
pengelolaan sekolah adalah kepala sekolah
B.
keputusan diambil secara kolektif
antara kepala sekolah dan guru
C.
sumber dana dapat diusulkan dan
dikelola oleh kepala sekolah
D.
Salah, sebab sumber dana diusulkan
dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah
No 35.
Berikut adalah salah satu fungsi
manajemen berbasis sekolah ....
A.
Ketenagaan
B.
Perencanaan
C.
Keuangan
D.
Pengembangan
No 36.
Landasan hukum pendirian MBS sebagai
suatu pendekatan dalam pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia adalah ....
A.
UU Dasar Tahun 1945
B.
UU No. 19 Tahun 2005
C.
UU No. 22 Tahun 1999 tentang
Pemerintahan Daerah
D.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
No 37.
Secara profesional guru
bertanggungjawab dalam menentukan materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang
sesuai, meskipun demikian dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menerapkan
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan...
A.
pembelajaran kontektual
B.
siswa belajar aktif
C.
individual
D.
interaktif
No.38
Input dan proses pendidikan
merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan menentukan output pendidikan.
Salah satu input pendidikan yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
A.
tenaga pengajar
B.
biaya pendidikan
C.
kurikulum
D.
teknologi
No 39.
Menurut UU No. 2 thn 1989,
pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan
pemerintah. Dalam hal ini masyarakat juga bertanggungjawab dalam ...
A.
menentukan kurikulum sekolah
B.
mengelola pendidikan
C.
biaya penyelenggaraan pendidikan
D.
keberhasilan proses pendidikan
No 40.
Dalam Keputusan Menteri Pendidikan
Nasional No. 044 /V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah,
dijelaskan tentang beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah,
kecuali...
A.
memberi pertimbangan dalam penentuan
dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
B.
pendukung, yang berupa finansial,
pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan
C.
mediator antara pemerintah dan dewan
perwakilan rakyat daerah (DPRD) dengan masyarakat
D. pengontrol pelaksaan pembelajaran
dalam rangka ketercapaian sekolah efektif
No 41.
Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan tukar
pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya peningkatan
mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi dari
kegiatan ...
A. Perencanaan
A. B.Pelaksanaan
B. Perumusan visi dan misi sekolah
C. Evaluasi diri
No 42.
Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan
evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
A. mengetahui sejaumana sekolah telah menerapkaan MBS dan
bagaimana hasilnya
B. mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah-masalah
yang dialami serta harus diatasi
C. meningkatkan kualitas sekolah di berbagai komponen
berdasarkan potensi yang dimuliki
D. menentukan status sekolah diantara sekolah yang lain dan
melakukan tindak lanjut
No 43.
Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi adalah
....
A. kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah
bermutu
B. tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
C. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai visi
D. program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah
tercapai
No 44.
Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa
unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama
yang dilakukan
A. selalu menerapkan pendidikan berbasis ke berbagai kecerdasan
jasmani
B. mengirim siswa yang berbakat ke berbagai kompetisi di
tingkat sekolah
C. mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui bakat sebagai..
D. mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keunggulan
siswa sesuai dengan hobinya
No 45.
Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat
rencana tahunan adalah kecual...
A. mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
B. menyusun draf rencana tahunan sekolah bersama semua staf
C. mempertimbangkan pengalaman sekolah lain yang berhasil
D. mempertimbangkan kontek lingkungan dan aspirasi masyarakat
No 46.
Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah dapat
menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
A. Program unggulan
B. Manajemen Berbasis Sekolah
C. Life Skill
D. Kurikulum berbasis kompetensi
No 47.
Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan,
mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan
baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya
sebagai ...
A. pemimpin
B. manager
C. organisator
D. perencana
No 48.
Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik serta
melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan salah satu
peran guru kecuali..
A. Guru kelas
B. Staf sekolah
C. Manager
D. Profesional
No 49.
Salah satu kegiatan yang harus ada bila menyelenggarakan MBS
di sekolah dasar adalah...
A. perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
B. setiap guru harus menerapkan pembelajaran terpadu
C. Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada
sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
D. Salah, sebab setiap guru memang harus merencanakan
pembelajaran sesuai kondisi sekolah apakah di SD tersebut MBS sudah diterapkan
ataupun tidak
No 50.
Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya
krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah menyelenggarakan
suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar. Proyek tersebut
dinamakan...
A. Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diseluruh indonesia
B. Program kecakapan hidup yang dibutuhkan masyarakat
C. Jaringan Pengaman Sosial beasiswa
D. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
jawabannya mana.....
ReplyDelete